Knowledge Builders

apa perbedaan antara diabetes melitus dan diabetes insipidus

by Prof. Trent Considine Published 7 months ago Updated 3 weeks ago
image

Apa itu diabetes insipidus?

Diabetes insipidus adalah kondisi langka yang terjadi saat ginjal anda tidak mampu untuk menjaga air dalam tubuh. Diabetes insipidus tidak berkaitan dengan diabetes mellitus, yang seringkali diartikan sebagai diabetes biasa. Hal ini berarti anda bisa terkena diabetes insipidus tanpa memiliki penyakit diabetes.

Apa itu diabetes mellitus?

Diabetes mellitus adalah gangguan metabolisme jangka panjang, yang terbagi menjadi dua, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Keduanya disebabkan oleh gangguan pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin. Diabetes mellitus juga bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya kadar gula darah, yang tidak memberi respon terhadap insulin.

Apakah diabetes mellitus bisa sembuh?

Luka – Gejala diabetes mellitus adalah luka yang sulit sembuh dan menjadi infeksi. Bahkan terkadang penderita ini tidak merasakan adanya luka di tubuhnya sebelum terjadi infeksi. Penderita diabetes insipidus tidak mengalaminya. 3.

Apa penyebab diabetes mellitus?

Diabetes mellitus terjadi karena salah satu dari mekanisme berikut : Kurangnya produksi insulin (yang dibuat oleh pankreas dan membantu merendahkan glukosa dalam darah) Atau karena kurangnya sensitivitas sel terhadap aksi insulin

image

Apa perbedaan penyakit diabetes melitus dan diabetes insipidus?

Diabetes melitus dikenal sebagai diabetes, terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin untuk mengontrol jumlah glukosa dalam darah. Sedangkan diabetes insipidus adalah kondisi langka yang tidak berhubungan dengan pankreas dan gula darah.

Apakah perbedaan diabetes insipidus dan diabetes melitus Roboguru?

Diabetes insipidus merupakan penyakit banyak kencing yang terjadi akibat kekurangan hormon ADH. Diabetes melitus, yaitu penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa di dalam darah sehingga urine yang dihasilkan masih mengandung glukosa.

Apa yang dimaksud dengan diabetes insipidus?

Diabetes insipidus adalah kondisi di mana seseorang terus merasa haus dan menyebabkan produksi urine yang berlebih dari tubuh. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan cairan dalam tubuh.

Mengapa penderita diabetes melitus dan insipidus mengalami dehidrasi?

Pengidap diabetes insipidus selalu merasa haus sehingga produksi urinenya berlebih. Jika pengidapnya tidak memenuhi kebutuhan cairan, bisa jadi penyakit ini berkembang menjadi dehidrasi. Akibatnya, pengidap diabetes insipidus mengalami mulut kering, perubahan elastisitas kulit, kehausan, dan kelelahan.

Apakah penyebab penyakit diabetes insipidus?

Penyebab dan Gejala Diabetes Insipidus Diabetes insipidus terjadi akibat gangguan pada hormon yang membantu mengatur kadar cairan tubuh. Gangguan ini menyebabkan produksi urine menjadi berlebih sehingga penderita menjadi sering buang air kecil dalam jumlah banyak.

Mengapa orang dapat menderita diabetes insipidus?

Diabetes Insipidus Kranial Diabetes ini disebabkan tubuh tidak memiliki cukup hormon antidiuretik dari hipotalamus. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada hipotalamus atau pada kelenjar pituitari. Kerusakan yang terjadi dapat diakibatkan oleh terjadinya infeksi, operasi, cedera otak, atau tumor otak.

Diabetes insipidus terjadi dimana?

Diabetes Insipidus Nefrogenik Penyakit diabet ini terjadi bukan karena adanya masalah pada otak, tetapi pada ginjal. Ketika ginjal tidak merespons hormon antidiuretik dan mengeluarkan banyak cairan dari aliran darah. Kondisi tersebut akan memicu jenis diabetes ini.

Apakah penyakit diabetes insipidus berbahaya?

Jika tidak segera ditangani, bahaya diabetes insipidus bisa menimbulkan komplikasi seperti dehidrasi, gangguan gigi dan mulut, elastisitas kulit berkurang, penurunan berat badan, maupun overhidrasi.

Diabetes insipidus Apakah bisa disembuhkan?

Diabetes insipidus tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini bersifat permanen dan akan terus ada seumur hidup.

Bagaimana upaya pengobatan penderita diabetes insipidus?

Pasien dengan diabetes insipidus kranial berat umumnya diobati dengan pemberian desmopressin, yaitu obat yang berfungsi seperti hormon antidiuretik (ADH). Desmopressin bertujuan untuk mengendalikan produksi urine, menjaga kadar cairan tubuh, dan mencegah dehidrasi.

Apakah penderita diabetes insipidus memiliki risiko tinggi mengalami dehidrasi?

Untuk diabetes insipidus, bahaya terbesar adalah dehidrasi. Orang yang merasa haus terus-menerus mungkin terlalu sering minum air dan menciptakan kondisi untuk keracunan air.

Mengapa penderita diabetes sering kencing malam hari?

Karena sel-sel di tubuh tidak dapat menyerap glukosa, ginjal mencoba mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin. Akibatnya, penderita jadi lebih sering kencing daripada orang normal dan mengeluarkan lebih dari 5 liter air kencing sehari. Ini berlanjut bahkan di malam hari.

Penderita diabetes melitus dan diabetes insipidus memiliki risiko tinggi mengalami dehidrasi Benarkah pernyataan tersebut?

Penderita diabetes melitus dan diabetes insipidus memiliki risiko tinggi mengalami dehidrasi adalah benar. Penderita diabetes melitus memiliki kadar gula darah (glukosa) yang tinggi, sedangkan glukosa direabsorbsi di tubulus ginjal memiliki kapasitas maksimum.

Apa itu diabetes tipe 1 dan 2?

Diabetes tipe 1 ditandai dengan kerusakan organ pankreas dalam memproduksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 ditandai dengan tidak bekerjanya insulin itu sendiri. Gejala yang ditimbulkan keduanya hampir sama, seperti sering buang air kecil, kelelahan, penurunan berat badan, dan penglihatan kabur.

Mengapa urin penderita diabetes melitus mengandung glukosa?

Kadar gula darah tinggi menjadi salah satu penyebab urine mengandung glukosa.

Apakah penyakit diabetes insipidus penyakit berbahaya?

Jika tidak segera ditangani, bahaya diabetes insipidus bisa menimbulkan komplikasi seperti dehidrasi, gangguan gigi dan mulut, elastisitas kulit berkurang, penurunan berat badan, maupun overhidrasi.

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z 1 2 3 4 5 6 7 8 9